PT LIB Berencana Pakai VAR Di Liga 1 Musim Depan

By ommed


nusakini.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB), berencana menggunakan video assistant referee (VAR), pada Liga 1 musim depan. Operator kompetisi tersebut menganggarkan $6 juta atau sekitar Rp85 miliar untuk membeli satu set alat VAR.

Direktur utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita, menyatakan sudah berbicara dengan PSSI untuk memakai VAR sejak tahun lalu. Akan tetapi, pembahasan tersebut terpaksa terhenti akibat pandemi virus corona melanda.

Lukita menjelaskan tidak semua pertandingan di Liga 1 menggunakan VAR. Hanya laga-laga tertentu saja yang sekiranya membutuhkan bantuan alat tersebut.


Tujuan dari penggunaan VAR untuk memudahkan wasit dalam mengambil keputusan. Selama ini pengadil lapangan di kompetisi Indonesia kerap kali mengeluarkan ketetapan yang kontroversial.

"Tahap awal, kami akan membeli satu set VAR. Kalau nanti kompetisi kembali ke format semula, kandang dan tandang, kami harus membuat klaster VAR agar tidak jauh perpindahannya," kata Lukita.


"Polanya nanti memakai mobile sistem. Nanti VAR-nya pakai truk kontainer. Jadi bisa kami pindah-pindahkan dari satu laga ke laga lain. Jadi untuk sembilan partai, kami bisa gunakan tiga set VAR misalnya," Lukita menambahkan.

Memakai VAR, bukan perkara mudah karena ada tahapan yang harus dipenuhi. Mulai dari wasit yang dilatih khusus dan mendapat lisensi serta ditunjang infrastruktur memadai.


Oleh karena itu, Lukita menyatakan bakal melakukan uji coba VAR pada akhir Liga 1 2021/22, sebelum diterapkan pada musim depan. Langkah tersebut diambil supaya wasit di Indonesia bisa belajar lebih dulu pemakaian alat canggih itu.

"Jadi kami memiliki program percepatan. Seorang konsultan VAR sudah datang ke PT LIB agar kami bisa ikut program percepatan dengan mendatangkan pengajarnya," ucapnya.

"Itu lebih efisien. Peralatannya nanti akan kami beli dan dites. Saat uji coba nanti pada akhir musim Liga 1, kami bakal didampingi. Sebab, tidak semua bisa diputuskan oleh VAR. Mungkin hanya penalti dan kartu merah," ia melanjutkan. (gi/om)